Kebakaran mobil seperti menimpa Lamborghini Aventador milik Raffi Ahmad bisa terjadi pada jenis apapun dan penyebabnya bisa macam-macam. Banyak asumsi yang berargumen bahwa mobil terbakar bisa dipicu oleh beberapa kesalahan, salah satunya kesalahan modifikasi. Namun, kebakaran mobil bukanlah hal yang langka terjadi. Seperti dilansir di situs kumparan, menurut data Asosiasi Perlindungan Api Nasional Amerika Serikat, NFPA, pada tahun 2015 ada 174 ribu kasus kebakaran mobil, menewaskan 445 orang dan melukai 1.500 lainnya. Sebenarnya terjadinya kebakaran mobil bisa terjadi pada semua jenis mobil yang disebabkan oleh beberapa hal seperti konslet sistem kelistrikan, bocor selang bahan bakar dan sebagainya. Meskipun kejadian terbakarnya mobil ini masih terbilang jarang ditemui dan terjadi pada beberapa kecelakaan parah saja, akan tetapi kamu sebagai pemilik mobil tetap harus waspada.  Nah, apa saja hal yang menjadi penyebab mobil terbakar, yuk simak beberapa penyebab kebakaran mobil supaya kamu selalu aman dan nyaman ketika berkendara.

Penyebab mobil kebakaran

Lapisan kabel terkelupas

Jangan salah sangka Sahabat, kabel bisa menyebabkan kebakaran mobil lho. Kondisi lapisan kabel yang sudah sobek atau terkelupas akan membuat percikan api karena saling bergesekan antar kabel. Jika ini terjadi kamu pasti akan mencium bau sangit dan kamu harus segera berhenti dan menghentikan mobil kamu.

Kabel paralel aki tidak kencang

Kamu tahu kan aki adalah sumber tenaga untuk menghidupkan kelistrikan di sebuah mobil. Kabel paralel yang menumpuk pada aki dan baut tidak terpasang dengan kuat baik di kutub positif atau negatif bisa menimbulkan korsleting.  Pastikan untuk selalu memeriksa baut atau soket aki mobil secara rutin supaya terhindar dari gejala korsleting.

Ukuran kabel tidak sesuai

Kabel berfungsi sebagai media untuk penghantar listrik untuk dialirkan ke seluruh komponen mobil. Jika Sahabat menggunakan kabel yang tidak sesuai baik dari jenis, tipe, bahkan diameternya bisa menyebabkan kebakaran mobil. Setrum yang melewati kabel memiliki daya berbeda-beda dan jika salah dalam pengaplikasiannya makan kabel akan memuai dan api menyebar ke seluruh bagian mobil.

Selang bahan bakar bocor/sobek

Mobil yang sudah berumur pada umumnya menggunakan selang bahan bakar yang terbuat dari material kain dan sangat mudah robek. Periksa selang bahan bakar ini secara rutin dan lakukan penggantian selang jika dirasa sudah rapuh karena akan memicu percikan api dan langsung menyebabkan kebakaran mobil.

Air filter karburator terbuka

Pada mobil keluaran lama yang masih memakai sistem karburator, hindari memakai air filter yang terbuka, sebab hawa dari bensin yang menguap bisa tembus lewat celah kecil book air filter. Apabila ada kabel terkelupas dan saling bergesekan serta uap dari bensin mengenai bagian kabel tersebut bisa menyebabkan kebakaran mobil.

Pipa knalpot bocor

Pipa knalpot khususnya pada bagian bawah tangki bensin yang bocor juga akan sangat berbahaya jika terkena panas. Bensin akan menguap dan menjadi penyebab kebakaran mobil meskipun tahap terbakar ini membutuhkan proses yang lumayan lama.

Kebocoran pada oli

Mobil yang sudah dimodifikasi, sangat dianjurkan untuk memakai pembungkus anti panas pada kepala silinder. Fungsinya adalah untuk meredam panas yang dikeluarkan oleh mesin sehingga mesin berada di suhu batas yang wajar. Jika terjadi kebocoran pada kepala silinder lalu cipratan oli keluar dari dan terkena panas mesin, itu bisa menyebabkan kebakaran mobil Sahabat. 

Mesin mobil dimodifikasi

Memodifikasi mesin dibutuhkan ketelitian dan pemasangan komponen yang tepat. Tidak boleh asal atau menggunakan komponen yang abal-abal. Konsultasikan kepada mekanik kepercayaan kamu ketika akan memodifikasi mesin mobil. Penggunaan komponen modifikasi yang salah di bagian mesin dapat menyebabkan kebakaran mobil, mesin rusak hingga mesin meledak.

Cara mencegah kebakaran mobil

Nah itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan kebakaran mobil Sahabat. Untuk menghindari terjadi kebakaran pada mobil akibat korsleting, kebocoran, arus pendek seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka kamu perlu mengetahui cara pencegahannya dengan baik sehingga kejadian tersebut tidak sampai menimpa kamu. Nih beberapa tips mencegah kebakaran mobil agar berkendara kamu selalu nyaman dan aman.

Pasang sekring tambahan

Jika kamu ingin menambah aksesoris pada mobil seperti modifikasi klakson atau lampu, maka pasang juga sekring tambahan dan jangan pakai jalur kabel standar sistem kelistrikan mobil. Jika ini dilakukan, maka akan membuat arus pada kabel semakin terbebani sehingga panas, mengeras lalu terbakar dan kebakaran mobil-pun tidak dapat terhindarkan.

Pakai ukuran lampu sesuai

Pakai juga ukuran dari lampu yang sesuai dengan ukuran daya, apabila masih memakai sistem kelistrikan standar, maka jangan ganti lampu dengan daya yang lebih besar sebab tidak sesuai dengan kekuatan kabel serta ukuran sekring. Jika kamu menggunakan lampu yang salah, bisa menyebabkan kenaikan dan penurunan arus listrik secara drastis yang akhirnya berujung kebakaran mobil.

Periksa visual kabel

Periksa juga kabel sistem kelistrikan mobil, jika ada yang terkelupas, meleleh atau kendor maka dilapisi dengan selotip khusus listrik atau diganti.

Tambah pelindung kabel

Tambahkan juga pelindung kabel dan posisikan kabel tambahan pada jalur yang tepat. Biasanya, rangkaian tambahan akan membentuk jalur baru diluar jalur standar, sehingga posisi kabel tambahan akan rawan tergesek.

Service secara rutin

Saat kamu melakukan service, lakukan secara rutin pada bengkel resmi untuk memeriksa sistem kelistrikan mobil; dari mulai baterai, fungsi kelistrikan dan sebagainya agar terhindar dari kebakaran mobil.

Hindari bypass (sambungan langsung) kelistrikan

Hindari penggunaan by pass pada sambungan listrik, sebab jika kabel tidak dapat menghantarkan arus listrik besar maka akan meleleh dan menimbulkan api dan terjadilah kebakaran mobil. Selain itu lakukan dengan rutin pemeriksaan sambungan kabel listrik pada mobil Sahabat.

Periksa air radiator

Periksa air radiator sebelum mobil digunakan, jika air radiator habis maka akan menyebabkan mesin menjadi panas sehingga beberapa komponen yang terbuat dari plastik atau karet akan meleleh dan kebakaran mobil terjadi.

Tidak parkir dekat pembakaran

Pada saat kamu ingin memarkir mobil, perhatikan sekeliling lokasi tersebut dan pastikan tidak ada tempat pembakaran sampah. Ini bisa menyebabkan benda yang sedang terbakar akan terbawa angin dan mengenai mobil lalu kebakaran mobil-pun terjadi.

Pencarian Tentang Sewa Rental Mobil Solo:

Sewa Mobil Solo, Rental Mobil Solo, Sewa Mobil Murah Solo, Rental Mobil Murah Solo, Sewa Mobil Surakarta, Persewaan Mobil Solo, Sewa Mobil Kota Solo, Rental Mobil Kota Solo, Rent Car Solo, Sewa Mobil di Solo, Rental Mobil di Solo

Sewa Mobil Mewah Solo,  Rental Mobil Mewah Solo, Persewaan Mobil mewah Solo